Mengembangkan Otak Kanan Berdasarkan Neuroscience


Manusia harus menggunakan otak kanan dan kiri secara seimbang demi mendapatkan kecerdasan yang semburna. Otak kanan merupakan bagian yang berkaitan dengan nilai seni dan perasaan. Seorang anak yang punya bakat seni sejak kecil rata-rata memiliki otak kanan yang lebih kompleks dengan jumlah saraf yang lebih banyak. Nah, bagi anda yang butuh untuk mengembangkan otak kanan berdasarkan ilmu neuroscience, lakukan hal berikut ini.

Menyanyi
Menyanyi adalah salah satu aktivitas yang dilakukan oleh otak kanan. Orang yang pandai menyanyi memiliki penghayatan terhadap instrumen musik yang bagus. Begitu pula penghayatan terhadap lirik lagu yang dibawakan. Pendengaran seorang penyanyi juga harus peka agar tidak keluar dari tone nada yang dimainkan.

Bila anda ingin melatih otak kanan, bisa dengan latihan menyanyi yang diiringi dengan musik. Tujuannya agar suara bisa disesuaikan dengan tinggi atau rendahnya nada. Secara tidak langsung anda sedang melatih konsentrasi otak kanan. Inilah rahasia ilmu sistem saraf para penyanyi.

Bermain Alat Musik
Selain bernyanyi, anda juga dapat melatih otak kanan dengan bermain alat musik. Jarang sekali ada maestro yang pikun karena otaknya telah berkembang dengan hubungan antar saraf yang sangat bagus. Musik dapat membuat otak berkembang pesat karena ketenangan yang dibawanya. Namun sebaliknya, bila terlalu keras juga kurang bagus untuk tumbuh kembangnya. Itulah alasan janin sejak dalam kandungan diberikan terapi musik.

Menggambar
Ilmu neuroscience juga membuat orang akhirnya tahu kalau menggambar dapat meningkatkan kecerdasan otak kanan manusia. Manusia yang pandai itu bukan hanya mereka yang ahli kimia dan fisika, tapi juga desainer, arsitek, dan bahkan pelukis. Kecerdasan otak kanan biasanya diiringi dengan kecerdasan emosional manusia. Itulah alasan mengapa jarang ada seniman yang berakhir dengan bunuh diri karena mereka mampu menghayati kehidupan dengan baik.

Membuat Puisi
Cara terakhir untuk mengoptimalkan otak adalah dengan membuat puisi. Puisi merupakan rangkaian kata yang indah. Salah satu cabang seni ini bisa menjadi alternatif melejitkan otak kanan bagi mereka yang tidak bisa menggambar dan bermain musik. Inilah manfaat dari mempelajari ilmu sistem saraf.
Previous
Next Post »