Resep Donat Pisang Maknyus

Bahan-bahan di sekitar kita sangat cocok untuk dijadikan variasi makanan baru yang bernilai jual tinggi. Salah satu bahan makanan yang bagus untuk dijadikan bahan makanan yang lezat tersebut adalah pisang. Selain dibuat keripik dan getuk, pisang juga bisa dibuat donat. Rasanya tentu lezat dan menggugah selera. Kali ini kami hadirkan resep donat pisang dari tepung Bungasari yang mudah untuk mengembang. Simak dan coba di rumah.



Sediakan Bahan Berikut Ini:
3 buah pisang kepok atau raja yang sudah masak
150 ml susu putih hangat
150 gram tepung terigu Bungasari
1 sdm margarin
1 sdm gula
1 butir telur
12 sdt ragi instan
12 sdt garam
1 sdm gula pasir
Minyak untuk menggoreng secukupnya
Cara Membuat Donat Pisang:
Susu hangat (bukan panas) dicampur dengan ragi instan. Lalu diaduk hingga rata.
Sekarang tambahkan mentega dan telur. Kocok hingga semuanya bercampur merata. Setelah itu masukkan gula dan garam ke dalam susu tersebut.
Nah, pisang yang sudah masak tadi dipotong kecil-kecil dan dimasukkan ke dalam adonan di atas. Lumatkan pisang beserta semua bahan dalam susu dengan garpu atau sendok kue.
Setelah adonannya lumat dan tercampur merata, sekarang saatnya memasukkan tepung terigu Bungasari ke dalamnya. Aduk rata menggunakan spatula atau tangan agar semua adonan bercampur merata.
Anda perlu menguleni adonan tersebut agar bisa kalis dan tidak lengket. Kalau terlalu lengket bisa ditambahkan sedikit tepung terigu lagi.
Resep donat selanjutnya adalah memukul-mukul adonan hingga benar-benar lembut dan siap mengembang.
Biarkan adonan berada dalam waskom selama dua jam hingga benar-benar mengembang. Setelah itu uleni lagi agar kempis seperti semula.
Kalau sudah, ambil sedikit adonan untuk dibentuk bulat dan dilubangi tengahnya. Letakkan adonan yang sudah jadi di loyang yang telah diolesi mentega.
Lakukan hingga semua adonan habis. Biarkan selama 20 menit sebelum digoreng hingga berwarna kuning kecoklatan.
Setelah donat matang bisa diberikan taburan meses atau kacang. Cara membuat donat ini mudah dan praktis.
Previous
Next Post »