Langkah-langkah Cara Menyewa Hosting

Banyak cara yang dapat Anda lakukan agar website Anda dapat berjalan dan terus bekerja, salah satunya adalah dengan menyewa hosting, baik hosting murah ataupun hosting mahal, di tempat yang menyewakan hosting misalnya di CloudKilat. Sebelum menyewa, Anda harus mendaftarkan domain dari website yang Anda akan atau telah miliki sebelumnya. Beberapa nama domain dapat Anda dapatkan gratis atau berbayar akan tetapi jika gratis terdapat kemungkinan akan terhapus tiba-tiba sehingga disarankan untuk membeli domain berbayar sehingga mengurangi resiko tersebut.

Pada pemilihan paket hosting harga murah atau mahal, Anda dapat mengecek kemampuan, layanan dan fasilitas, paket tersebut dan kemudian membandingkannya dengan paket yang lainnya sebelum menyewanya. Jika Anda menggunakan hosting dari luar negeri, Anda harus membayar dengan menggunakan kartu kredit atau dengan uang elektrik. Namun, jika Anda memilih hosting dari Indonesia, Anda dapat mendapatkan kemudahan dengan cara transfer.

Melakukan verifikasi permintaan Anda ke penyedia hosting. Setelah itu, Anda akan diberikan tagihan yang harus Anda bayar. Pembayaran sesuai dengan ketentuan yang ditentukan oleh penyedia hosting, misalnya melalui transfer, kartu kredit atau yang lainnya. Setelah melakukan pembayaran, Anda harus melakukan verifikasi pembayaran agar penyedia hosting segera mengirimkan account yang telah Anda pesan sebelumnya.

Setelah domain dan paket layanan hosting murah atau mahal yang Anda sewa telah aktif, Anda akan mendapatkan email mengenai user dan password. User dan password tersebut akan Anda gunakan untuk mengelola domain dan hosting yang telah dipesan. Jika pendaftaran webhost tersebut telah selesai, Anda hanya tinggal melakukan pengaturan atau men-develop situs yang akan atau telah Anda buat. Pada email, terdapat 2 poin penting lainnya yang harus Anda perhatikan selain username dan password adalah link menuju ke Cpanel dari hosting Anda serta nama server atau DNS dari hosting Anda yang berisi 2 kode serial dari hosting di penyedia hosting tersebut. Jangan sampai Anda kehilangan 3 poin tersebut karena sangat diperlukan ketika Anda melakukan instalasi pada website dengan basis wordpress.
Previous
Next Post »